S5 Business Pro - шаблон joomla Продвижение
Berita

Layanan Pengaduan: 085101803498

  • Register

Inspektorat Kabupaten Gianyar

  • bangkit_lawan_korupsi

    bangkit_lawan_korupsi

  • taman

    taman

  • balai_budaya

    balai_budaya

Gianyar Andalkan Inspektorat Raih WTP

Rate this item
(0 votes)

Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, mengandalkan inspektorat untuk mewujudkan ambisi daerah itu meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan.



"Inspektorat harus bekerja keras menjadi mata dan telinga dalam pengelolaan pemerintahan sebagai salah upaya untuk meraih opini WTP. Nantinya inspektorat harus diberikan kewenangan melakukan pengawasan dan pembinaan awal untuk penegakan disiplin pegawai maupun penggunaan anggaran," kata Wakil Bupati Gianyar Made Mahayastra, Selasa.

Ia sangat berharap laporan keuangan Kabupaten Gianyar naik kelas dari Wajar Dengan Pengecualian (WDP) menjadi WTP karena peningkatan ini merupakan indikator untuk mewujudkan asas kepemerintahan yang baik (good governance).

Menurut mantan Ketua DPRD Kabupaten Gianyar dua periode itu, pemberdayaan inspektorat telah dicontohkan di Kabupaten Badung sehingga kabupaten terkaya di Bali itu berhasil meraih opini WTP.

"Tentunya kebijakan Kabupaten Badung tersebut dan juga telah dilakukan di DKI Jakarta patut kita tiru agar pengelolaan anggaran keuangan di Gianyar bisa naik kelas menjadi WTP," katanya.

Ia menambahkan bahwa untuk pemberdayaan peran inspektorat menjadi "mata dan telinga" pemerintah, nantinya akan dilakukan peningkatan kualitas SDM di sana dengan memberikan berbagai pelatihan pengelolan keuangan dan barang daerah.

"Selain itu, perlu komitmen, semangat dan peningkatan disiplin dari seluruh pimpinan dan jajaran Pemerintah Kabupaten Gianyar untuk mewujudkan WTP," ucap Mahayastra.

Di sisi lain, ia pun berharap adanya peningkatan kapasitas birokrasi melalui upaya pemberantasan korupsi, penerapan disiplin, peningkatan kepekaan dan tanggung jawab birokrasi dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pelayanan publik serta menjamin transparansii publik.

Read 134 times

Akuntabilitas


Pemerintahan Akuntable

Pengembangan dan Penerapan Sistem yang Tepat.
Menyikapi tuntutan penyelenggaraan pemerintahan yang akuntabel, perlu dilakukan pengembangan dan penerapan sistem pertanggungjawaban yang tepat, jelas dan legal. Sehingga dengan demikian penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dapat berlangsung secara berdaya guna, berhasil guna, bersih dan bertanggungjawab serta bebas dari praktek-praktek korupsi, kolusi dan nepotisme.

 

 

Good Governance

 Untuk mewujudkan Good Governance (tata kelola kepemerintahan yang baik) makin mengemuka dewasa ini yang tercermin dalam sistem pengelolaan pemerintahan yang didasarkan pada prinsip transparansi, partisipasi dan akuntabilitas dan bebas dari paraktek-praktek KKN.

 

 Untuk mewujudkan sistem pemerintahan yang akuntabel maka setiap bagian dalam organisasi pemerintahan harus dapat menyiapkan perencanaan dan strategi yang baik dalam menjabarkan kinerja yang dapat dapat  diukur dan dinilai oleh instansi itu sendiri maupun segenap komponen masyarakat.

Hubungi Kami

Inspektorat Kabupaten Gianyar
Jl. Kesatrian No. 3
Phone: 085101803498
Jam Kerja:
Senin. s/d Kamis. 7.30 sd 15.00 Wita
Jumat 7.30 sd 14.00 Wita
Sabtu s/d Minggu Tutup

SIPETIK

Aparat Pengawasan Intern Pemerintah ( APIP )

Pengawasan Intern adalah seluruh proses kegiatan audit, reviu, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lain terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi dalam rangka memberikan keyakinan yang memadai bahwa kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan tolok ukur yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien untuk kepentingan pimpinan dalam mewujudkan tata kepemerintahan yang baik.

S5 Box

Register