S5 Business Pro - шаблон joomla Продвижение
Visi dan Misi

Layanan Pengaduan: 085101803498

  • Register

Inspektorat Kabupaten Gianyar

  • bangkit_lawan_korupsi

    bangkit_lawan_korupsi

  • taman

    taman

  • balai_budaya

    balai_budaya

Visi dan Misi

Rate this item
(0 votes)

Visi dan Misi Inspektorat Kabupaten Gianyar

Inspektorat Kabupaten Gianyar sebagai lembaga pengawas fungsional Pemerintah Kabupaten Gianyar sesuai dengan tugas dan fungsinya melakukan pembinaan dan pengawasan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah,  pada era reformasi ini merupakan mitra kerja dari Satuan Kerja Perangkat Daerah yang bersifat Konsultatif.
    Dalam melaksanakan tugas tersebut berpegang teguh pada prinsip independensi, obyektifitas, transparansi serta menjunjung tinggi etika dan moral sehingga dengan demikian diharapkan aparat pengawasan dapat bertindak obyektif, transparan dan adil. Untuk itu harus didukung oleh manusia yang profesional dalam bidang tugasnya.
    Berdasarkan hal tersebut Visi Inspektorat Kabupaten Gianyar adalah ”Terwujudnya Aparatur Pengawas Pemerintah yang profesional, bersih, dan bertanggung jawab guna mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang baik”
    Guna mendorong terwujudnya pemerintahan yang bersih dan berwibawa maka terlebih dahulu harus diciptakan penyelenggaraan pemerintah daerah yang akuntabel dan transparan. Untuk itu manajemen pemerintah harus mengacu pada prinsip keterbukaan. Hasil pengawasan dapat diperuntukan bagi semua pihak yang berkepentingan dan mengacu pada hasil kerja (outcome) yang terukur dan bukan semata-mata hanya hasil kegiatan (output), sehingga dapat dipertanggungjawabkan. Pengawasan mendatang mengutamakan prinsip independensi, etika dan moral, berlaku obyektif, berperilaku baik dan bersifat jujur.
    Disamping melakukan pengawasan, aparat pengawas intern pemerintah juga melaksanakan pembinaan, sehingga aparat pengawasan intern berperan sebagai mitra bagi perangkat daerah lainnya serta sebagai pihak yang dapat memberikan konsultasi dalam penyelenggaraan pemerintahan yang pada akhirnya akan memberikan rekomendasi dalam penyelenggaraan kegiatan.
    Untuk dapat mengemban tugas pengawasan dan pembinaan, maka program dan kegiatan yang akan dilaksanakan harus direncanakan secara matang sesuai dengan tugas dan fungsinya. Selanjutnya ditetapkan Misi sebagai penjabaran lebih lanjut dari Visi yang telah ditetapkan.
Misi Inspektorat Kabupaten Gianyar adalah:
a    Mewujudkan kualitas pengawasan profesional;
b    Mendorong peningkatan efektifitas pengawasan masyarakat;
c    Mendorong peningkatan kepatuhan Aparatur Pemerintah terhadap peraturan yang berlaku.
   
4.2    Tujuan dan Sasaran Inspektorat Kabupaten Gianyar
a. Tujuan
Pengawasan sebagai salah satu fungsi managemen berperan untuk menjamin agar pelaksanaan kegiatan berjalan sesuai dengan ketentuan dan perencanaan yang telah ditetapkan, sehingga tujuan organisasi dapat tercapai secara ekonomis, efektif dan efisien.
Sejalan dengan tugas dan fungsi Inspektorat Kabupaten Gianyar, maka Tujuan yang ditetapkan sesuai dengan Visi dan Misi Organisasi adalah:
1.     Mewujudkan penyelenggaraan Pemerintahan yang akuntabel, transparan, dan responsif.
2.    Mewujudkan penyelenggaraan pengawasan Pemerintahan yang independen, tidak korupsi, kolusi, dan nepotisme.
 
b. Sasaran
Prestasi kerja merupakan indikator kinerja pelaksanaan Program/ Kegiatan pemerintah sebagai fokus utama pengawasan yang dilakukan oleh Inspektorat Kabupaten Gianyar.Unt uk dapat terwujudnya tujuan yang telah ditetapkan maka Inspektorat Kabupaten Gianyar menetapkan sasaran sebagai berikut:
1.    Terwujudnya pengelolaan keuangan dan aset SKPD dengan baik;
2.    Terwujudnya Sistem Pengendalian Pemerintah yang baik;
3.    Tertindaklanjutinya penyelesaian rekomendasi hasil pemeriksaan;
4.    Terwujudnya Laporan Keuangan Pemerintah Daerah dan SKPD sesuai dengan SAP;
5.    Terwujudnya Pejabat Fungsional Pengawas yang profesional;
6.    Tersedianya sarana dan prasarana penunjang pelaksana pengawasan.

Read 467 times

Akuntabilitas


Pemerintahan Akuntable

Pengembangan dan Penerapan Sistem yang Tepat.
Menyikapi tuntutan penyelenggaraan pemerintahan yang akuntabel, perlu dilakukan pengembangan dan penerapan sistem pertanggungjawaban yang tepat, jelas dan legal. Sehingga dengan demikian penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dapat berlangsung secara berdaya guna, berhasil guna, bersih dan bertanggungjawab serta bebas dari praktek-praktek korupsi, kolusi dan nepotisme.

 

 

Good Governance

 Untuk mewujudkan Good Governance (tata kelola kepemerintahan yang baik) makin mengemuka dewasa ini yang tercermin dalam sistem pengelolaan pemerintahan yang didasarkan pada prinsip transparansi, partisipasi dan akuntabilitas dan bebas dari paraktek-praktek KKN.

 

 Untuk mewujudkan sistem pemerintahan yang akuntabel maka setiap bagian dalam organisasi pemerintahan harus dapat menyiapkan perencanaan dan strategi yang baik dalam menjabarkan kinerja yang dapat dapat  diukur dan dinilai oleh instansi itu sendiri maupun segenap komponen masyarakat.

Hubungi Kami

Inspektorat Kabupaten Gianyar
Jl. Kesatrian No. 3
Phone: 085101803498
Jam Kerja:
Senin. s/d Kamis. 7.30 sd 15.00 Wita
Jumat 7.30 sd 14.00 Wita
Sabtu s/d Minggu Tutup

SIPETIK

Aparat Pengawasan Intern Pemerintah ( APIP )

Pengawasan Intern adalah seluruh proses kegiatan audit, reviu, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lain terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi dalam rangka memberikan keyakinan yang memadai bahwa kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan tolok ukur yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien untuk kepentingan pimpinan dalam mewujudkan tata kepemerintahan yang baik.

S5 Box

Register